Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa melalui Bimbingan Belajar “Seru Tambah Ilmu” Mahasiswa KKN STKIP SYEKHH MANSHUR di desa sikulan Kecamatan jiput Kabupaten Pandeglang

Authors

  • Sukron Ma'mun STKIP SYEKH MANSHUR
  • Moh Roki STKIP SYEKH MANSHUR
  • Nia Sarmunah STKIP SYEKH MANSHUR
  • Elin novianingsih STKIP SYEKH MANSHUR
  • Rusmiyadi STKIP SYEKH MANSHUR

Keywords:

minat, hasil belajar, bimbingan belajar

Abstract

Salah satu permasalahan yang terdapat pada siswa yaitu kurangnya rasa ingin tahu terhadap pelajaran yang dipelajari sehingga menyebabkan rasa malas dalam belajar maupun proses pembelajaran. Salah satu program kerja yang diterapkan pada KKN kelompok 9 di kampung pematang Desa Sikulan, Kecamatan jiput Kabupaten Pandeglang yaitu Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa melalui Bimbingan Belajar bimbel Seru Tambah Ilmu kepada siswa. Tujuan diadakannya bimbel Seru Tambah Ilmu adalah :1) agar siswa memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif seperti kebiasaan membaca buku,disiplin dalam belajar. 2) memiliki keterampilan atau tehnik belajar yang efektif seperti mempunyai keterampilan membaca buku, mencatat pelajaran dan persiapan dalam menghadapi ujian. 3) memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. 4) memiliki kesiapan mental dalam menghadapi ujian. Hasil dari program ini adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu program Bimbel juga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada saat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, R. C., & Pearson, P. D. (1984). A Schema-Theoretic View of Basic Processes in Reading. In P. David Pearson (Ed.), Handbook of Reading Research. Longman.

Bruner, J. S. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Gardner, H. (1993). Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: Basic Books. Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Tilaar, H. A. R. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2020). Laporan Profil Pendidikan Kabupaten Pandeglang. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan.

Downloads

Published

2025-10-04