IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING DI SDN SINARJAYA 2

Authors

  • Dede Risma Rahayu STKIP Syekh Manshur
  • Aditiya Warman STKIP Syekh Manshur
  • Eka Septina STKIP Syekh Manshur
  • M. Apani STKIP Syekh Manshur
  • Tatu Maesaroh STKIP Syekh Manshur

Keywords:

Bimbingan Konseleling, Implementasi, Sekolah Dasar,Layanan Dasar, Kemandirian

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengertian bimbingan konseling serta bagaimana cara mengimplementasikannya di SDN Sinarjaya 2, Desa Sinarjaya, Kecamatan Mandalawangi. Bimbingan dan konseling memiliki peranan penting dalam membantu siswa mengembangkan potensi diri, membentuk karakter, dan meningkatkan kedisiplinan. Metode yang digunakan dalam Kegiatanini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi langsung kepada salah satu guru di SDN Sinarjaya 2. Hasil Kegiatanmenunjukkan bahwa implementasi layanan bimbingan konseling di SDN Sinarjaya 2 dilaksanakan melalui empat komponen utama, yaitu layanan dasar, layanan responsif, layanan perencanaan individual, dan layanan dukungan sistem. Meskipun belum memiliki program bimbingan konseling yang formal, pelaksanaan layanan dilakukan secara terpadu oleh guru kelas dengan pendekatan yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing siswa. Melalui pendekatan ini, sekolah berupaya membentuk siswa yang mandiri, berkarakter, dan memiliki kepercayaan diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, I. C., Rini, R. M., Hidayati, Y., Dianka, V. L., Putri, A. S., & Zubaidah. (2023). Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan Serta Implementasi Bimbingan dan Konseling Di SDN 32 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tematik, 11(2), 368–376.

Iqbal, M., Margolang, A. I., Alamsyadhana, A., Syahbanda, M. R., & Pras, J. (2024). Implementasi Program Evaluasi Pendidikan (Bimbingan Konseling) di Sekolah Dasar. Socius: Jurnal KegiatanIlmu-Ilmu Sosial, 1(12), 299–305.

Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(1), 44–56.

Listari, D. A., & Rabbani, M. F. (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner, 2(1), 9–16.

Daulay, M. (2021). Implementasi Bimbingan Konseling Islam dalam Stres. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 283–296.

Lubis, A. F., Zayuda, D. N. A., Suryani, M. W., & Dongoran, R. (2024). Pendekatan Berbasis Solusi dalam Bimbingan Konseling Untuk Mengatasi Masalah Perilaku Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(2), 730–740.

Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsina: Karya Umum dan Ilmiah, 2(2), 138–148.

Downloads

Published

2025-03-31